Air Terjun SIKULIKAP

Salam Satu Indonesia !!!

Kali ini saya akan menshare tentang Air terjun Sikulikap yang terletak di bawah penatapan.Nah saya kasih dulu ni foto air Terjunnya :)




Lokasi 

Terletak di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo,  Propinsi Sumatera Utara. 

Peta dan Koordinat GPS: 3° 14' 27.71" LU  98° 32' 17.65" BT.



Batas – Batas Wilayah

  Utara   : Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Langkat Dan Kabupaten Deli Serdang

  Selatan : Kabupaten Dairi Dan Kabupaten Samosir

  Barat  : Kabupaten Aceh Tenggara (Propinsi Aceh)

  Timur  : Kabupaten Deli Serdang Dan Kabupaten Simalungun




       Air Terjun Sikulikap mempunyai ketinggian jatuh 30 m. Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser, yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo.Di sekeliling air terjun adalah hutan tropis lebat, dengan tonjolan dinding-dinding cadas pada beberapa tempat. Dan disekitarnya terlihat tebing batu yang tegak lurus. 
 


Berjarak ± 11 km dari Kota Brastagi ke arah kota Medan atau dapat ditempuh selama 1/2 jam. Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum.  Sesampainya di gerbang perbatasan kabupaten Tanah Karo - Deli Serdang terdapat pintu masuk ke lokasi. Kendaraan dapat diparkir di tepi jalan dekat pintu masuk ini dan perjalanan selanjutnya diteruskan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga (jalan setapak) sejauh kurang lebih  800 m.Waktu yang ditempuh hanya sekitar 15 menit untuk sampai ke Air Terjunnya.
  
ne saya coba buat denahnya
cekidot....

     Nah letaknya pas dibawah penatapan bakaran jagung gan.Ntar ada gapuranya ,teman teman tinggal menuruni mengikuti tangganya.Suasananya seru loh Berasa Hutan tapi kayak taman karna sepanjang jalan setapaknya ada tempat duduk dari semen.Tapi sayang gag terurus :(.Sepanjang jalan kamu akan melihat monyet dan sejenisnyaaa.Hati-hati yaa....
Dari berbagai sumber di hutan ini katanya juga ada binatang ular Pyton nya ,serem juga ya.Selain Air Terjun kamu juga bisa melihat tebing-tebing yang begitu keren :).Nah sisi tebing ini digunakan untuk rock Climbing.
Ini foto pagar pembatas tapi teman-teman juga harus hati-hati ya karena sisi kiri nya jurang yang dalam,gag kebayang seandainya jatuh kesana.

 nahh ni foto-fotonya
Ni Gapura pertama masuk gan. dekat dengan gapura selamat datang di tanah karo sekitar 100 m.
Jejak kaki saya :)

Nah ini foto saya gann dan sis salam kenal yaaa.
Nah gimana View dari SIKULIKAP waterfallnya  gag kalah cantiknya dengan sipiso piso kan.
kalok agan mau datang kesini dan gag ada temannya saya siap menemani agan dan sista biar kita trip bareng



ni liat dulu video yang kami buat tentang air terjun sikulikap :)



Sorry kalok post nya rada berserak yaa...
Salam Hijaukan Bumi
Bye.....

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar